Prinsip Hidup Sunan Kalijaga yang Luntur dimakan Zaman

 


Ada sebuah kisah dimana ada seorang petani yang sangat dermawan, ia tidak pernah lupa menyisihkan sebagian hartanya untuk orang-orang yang membutuhkan.


Setiap panen, petani itu selalu memberikan sebagian hasil panennya ke warga sekitar yang membutuhkan, padahal jika dilihat, petani itu hidupnya juga biasa-biasa saja, bahkan rumahnya sangat sederhana.


Tapi petani itu mempunyai alasan yang kuat kenapa ia selalu rela menyisihkan sebagian hasil panennya.

Ia selalu memegang prinsip urip iku urup, prinsip yang diyakini berasal dari Sunan Kalijaga, sebuah prinsip hidup yang sepertinya mulai luntur dimakan zaman.


Padahal jika seseorang bisa menanamkan prinsip ini dalam kehidupannya, maka yang timbul adalah sebuah ketentraman, sekaligus kedamaian antar sesama karena orang-orang yang seperti ini tidak hanya mementingkan kebaikan dirinya, namun juga memberikan kebaikan kepada orang lain.


Orang-orang seperti ini akan selalu menjadi cahaya bagi orang-orang disekitarnya. Tuturkatanya, dan perilakukanya akan selalu memberi manfaat bagi orang lain.

Dia akan selalu menjadi pengayom bagi sekelilingnya, karena ia sadar bahwa hidup di dunia ini hanyalah sementara, dan bukan untuk saling menyakiti, tapi untuk memberi manfaat sebanyak-banyaknya tanpa memandang dia berlatar belakang apa.



Sumber :

Belum ada Komentar untuk "Prinsip Hidup Sunan Kalijaga yang Luntur dimakan Zaman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel